Urutan Membangun Rumah Secara Bertahap

Apakah anda pertanya bertanya-tanya Bagaimanakah Urutan Membangun Rumah Secara Bertahap? Yap, kalau saya sih pernah.

Sebenarnya tidak ada teori khusus tentang hal ini, namun saya akan menjawab secara umum berdasarkan pengalaman dalam perencanaan pembangunan.

  1. Mempelajari rencana tanah / lahan yang akan dibangun, meliputi ukuran, kontur, bangunan eksisting di sekitarnya, dan lingkungan tempat mereka mendarat.
  2. Mempelajari aturan-aturan yang berlaku dalam pembangunan perumahan di suatu daerah, setiap daerah memiliki Perda khusus untuk itu, yang mungkin berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya karena merupakan bagian dari tata kota / wilayah. Terutama KDB (Koefisien Dasar Bangunan) dan KLB (Koefisien Luas Bangunan), aturan tersebut dapat diperoleh dari Dinas Tata Kota di masing-masing daerah, ketentuan ini akan terkait dengan penataan IMB dan perizinan terkait. Izin dari masyarakat lokal diperlukan untuk mendapatkan IMB dan izin terkait lainnya.
  3. Merencanakan desain dan fungsi ruangan, tata letak yang diinginkan sesuai konsep yang diinginkan. Perencanaan dapat dilakukan oleh arsitek, atau sendiri jika Anda memahami desain dan interior / eksterior suatu bangunan.
  4. Menentukan desain bangunan yang diinginkan, ini sesuai selera. Denah tersebut akan mempengaruhi tingkat kenyamanan bangunan rumah itu sendiri, sehingga sistem tersebut harus dipertimbangkan dengan matang sebelum melaksanakan pembangunan.
  5. Memperhatikan tingkat keamanan bangunan yang direncanakan, hal ini sering luput dari perhatian masyarakat umum, masyarakat Indonesia biasanya tidak mempedulikan standar keselamatan dari konstruksi yang direncanakan, padahal hal ini secara dramatis mempengaruhi umur dan ketahanan bangunan tersebut, yaitu juga terkait langsung dengan nilai investasi. Dikeluarkan untuk penginstalan.
  6. Saya membuat perencanaan di atas kertas, berupa konsep termasuk perencanaan biaya, dan komponen terkait termasuk bahan yang digunakan untuk setiap bagian rumah, termasuk menghitung kekuatan dan umur bangunan secara struktur. Perencanaan biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kompetensi di bidang konstruksi rumah, seperti arsitek atau kontraktor.
  7. Pemilihan material yang akan digunakan pada bangunan perlu direncanakan dengan baik, pada umumnya perubahan keputusan penggunaan material dalam proses konstruksi merupakan faktor utama penyebab terjadinya over budget dalam pembangunan rumah atau gedung lainnya. Perubahan pilihan material juga berpengaruh pada panjang struktur, karena jika salah satu material mengalami perubahan dalam prosesnya, berpotensi mempengaruhi perubahan material lain pada bagian lain, dan efeknya cenderung berantai, hal ini sering terjadi pada konstruksi.
  8. Tentukan siapa yang akan membangun rumah, apakah kontraktor, pengrajin, siapa saja yang dipercaya berkompeten dalam pembangunan tersebut.
  9. Perencanaan jadwal konstruksi, dan sesuai dengan ‘jadwal pengeluaran’ uang sesuai dengan kemajuan konstruksi. Ini adalah hal esensial yang harus direncanakan dengan matang, pengeluaran dalam proses pembangunan rumah atau bangunan pun tidak sedikit, dan keterlambatan strategi keuangan akan berpotensi terhenti di tengah jalan, dan lebih signifikan. kerugian jika itu terjadi.
  10. Pengawasan dalam pembangunan merupakan salah satu faktor utama yang penting untuk dilakukan, sebagus apapun rencana tersebut, tanpa adanya pengendalian yang memadai tetap berpotensi terjadinya penyimpangan. Jadi jika Anda berencana untuk membangun rumah minimalis, untuk hasil yang baik, Anda juga harus bisa meluangkan waktu untuk mengawasi pelaksanaan rencana tersebut dalam proses pembangunan.

Perlu diingat dalam pembangunan! Memperbaiki bangunan yang sudah jadi akan jauh lebih rumit daripada membuat konsepnya sendiri. Tentunya hal ini sudah banyak orang tahu.

Sehingga dalam perencanaan segala sesuatunya harus disiapkan secara detail dan berdasarkan pertimbangan yang matang yang meliputi tingkat kesulitan teknis, termasuk kemampuan dana yang mereka miliki.

Oleh karena itulah rangkuman bagaimana Urutan Membangun Rumah Secara Bertahap, saya tulis pada artikel ini untuk membantu anda yang belum mengetahuinya.

Setiap faktor akan terkait satu sama lain, jadi semua harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati sebelum memulai perencanaan dan pengembangan.

Baca juga:

12 Tips Membangun Rumah Minimalis yang Ekononomis

13 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Keuntungan dan Kerugian Membangun Rumah Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *