13 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Penting! ketahuilah 6 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah. Kali ini saya akan menjelaskan dari sisi teknisnya.

  1. Pastikan rumahnya mempunyai fasilitas saluran pembuangan / drainase perumahan yang baik. Apakah Pengembang Perumahan memiliki fasilitas Bozeman / Long Storage atau bangunan penyimpanan air yang besar untuk mengantisipasi banjir? Perhatikan saluran / talang yang dibuat oleh DeveloperDeveloper apakah saluran / talang tersebut tertutup atau terbuka. Jika salurannya sudah selesai maka akan meminimalkan bau di daerah tersebut dan sebaliknya. Berhati-hatilah dalam melihat situasi perumahan, baik di area tambak, persawahan, maupun rawa-rawa dengan ketinggian air yang tinggi. Saya sarankan menanyakan Housing Site Plan, tanyakan kemana air hujan di daerah tersebut akan mengalir. Kelihatannya klise, tapi menurut saya konsumen perlu tahu. Jika DeveloperDeveloper belum maksimal membangun fasilitas antisipasi banjir, saya sarankan untuk berpikir ulang sebelum membelinya.
  2. Pastikan Sistem Pembuangan Air Limbah Kotor sesuai dengan standar. Setiap rumah pasti memiliki sumur resapan saat menerapkan metode septic tank konvensional. Sekarang banyak orang menggunakan Septic Tank BioTank. Mintalah agar septic tank dibangun dengan beton atau beton cetakan. Karena dari pengalaman saya, jika DeveloperDeveloper menggunakan beton, sambungan setiap bus beton tidak diperhatikan. Kita tahu bahwa septic tank harus tahan air agar air limbah tidak mencemari lingkungan dan menimbulkan penyakit. Jadi saran saya septic tank yang baik harus kedap air dan resapannya baik.
  3. Perhatikan kualitas air di area rumah. Jika dia menggunakan air sumur, maka periksa kualitasnya. Jika Anda mau, belilah kit pengujian kualitas air strip dan pelajari. Nah, air yang terkontaminasi air laut bisa dengan mudah menimbulkan korosi pada barang logam di rumah nantinya.
  4. Pastikan ketinggian / elevasi rumah / unit lebih tinggi dari jalan raya. Ini merupakan indikasi bahwa rumah tersebut aman dari banjir atau masalah drainase lainnya. Ini menjadi penting dan krusial jika rumah berdiri di atas TPA atau kolam dengan ketinggian air yang tinggi.
  5. Perhatikan kesejajaran dinding dengan melihat ubinnya. Jika dindingnya tidak lurus, akan sulit menata ruangan nantinya. Percaya padaku. Perhatikan bagian dindingnya, jangan sampai permukaan dinding bergelombang. Ini akan berpengaruh pada wallpaper yang akan kita pasang nantinya.
  6. Fasilitas Jaringan PDAM sangatlah penting, mengingat air bersih merupakan kebutuhan esensial yang harus kita miliki. Tanyakan pada Pengembang / Pengembang Perumahan, apakah jaringan ini telah terpasang. Tidak ingin membuat janji! Sebaiknya beli rumah yang sudah memiliki jaringan PDAM yang berfungsi.
  7. Perhatikan rumah yang akan dibeli, apakah rumah tersebut di kaitkan atau menempel pada yang lain. Dinding samping rumah harus diplester, ditutup, dan kedap air untuk mencegah rembesan air hujan.
  8. Lihat contoh rumah yang dibangun oleh Pengembang; perhatikan semua alat yang terpasang dan saniter yang digunakan. Usahakan semua perangkat terpasang jika perlu, perhatikan mereknya. Sebagai perbandingan … jika tujuannya adalah untuk mensurvei merek yang digunakan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya.
  9. Periksa apakah ubin kosong atau tidak di unit yang ingin Anda beli. Bawa saja tongkat kayu, coba beri sedikit pukulan pada ubin lantai. Jika kosong, minta Developer-Developer untuk memperbaikinya.
  10. Periksa aliran air di kamar mandi. Apakah mengalir menuju floor drain / after, atau tidak mengalir ke sana dan membuat lantai becek.
  11. Belilah rumah minimalis yang menghadap matahari. Menurut saya ini penting karena menghindari kondisi lembab di rumah nanti.
  12. Perhatikan tempat tinggal Anda, apakah Anda berada di daerah dengan tingkat bencana tinggi nantinya. Bencana apa saja yang sering terjadi di kawasan pemukiman tersebut? Bagaimana langkah Developer’sDeveloper dalam menghadapi potensi bencana ini? Menurut saya, pembeli perlu bertanya tentang struktur bangunan yang digunakan.
  13. Langkah terakhir adalah … berkenalan dengan orang yang sudah lama tinggal di sana. Tanyakan kepada tetangga apakah ia sering mengalami kendala seperti bocor, banjir, atau masalah teknis lainnya saat membeli rumah. Ini sangat membantu dalam menentukan pilihan kita untuk membeli rumah atau tidak.

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan terkait Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah. Selalu berhati-hati dan perhatikan hal-hal teknis ini dalam membeli rumah.

Baca juga:

9 Kelebihan Apartment dibanding Rumah

5 Kelebihan Desain Rumah Minimalis Dibanding yang lain

Keuntungan dan Kerugian Membangun Rumah Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *